Spicy Tuna Spaghetti

Lagi malas masak atau lagi gak pengen berlama-lama di dapur? Buat penggemar pasta seperti saya dan keluarga, hal itu bukan masalah. Pasta bisa jadi salah satu solusinya. Tidak heran kalau pasta selalu ada di lemari dapur saya, seperti spaghetti, fettuccini atau macaroni. Kalau lagi komplit, ada juga lasagna atau canneloni. Biasanya saya juga membuat saus bolognese sendiri. Bikin sekalian banyak jadi bisa disimpan dan digunakan sewaktu-waktu. Kalau lagi gak punya stok saus bolognese, bisa juga membuat saus putih. Kalau lagi males bikin saus, aglio e olio jadi solusinya hehehe.

Seperti halnya kemarin, lagi males banget masak buat sarapan. Pengennya yang cepet aja, tapi harus tetap enak doonk ya. Buka-buka lemari dapur, masih punya stok tuna kalengan. Biasanya sih tuna kaleng ini saya olah untuk campuran telur dadar, tapi kali ini kita buat tuna aglio aja ya.

Biarpun judulnya keren tuh ya…tuna spaghetti aglio e olio, tapi sebenarnya ini aglio e olio abal-abal banget hahaha. Kayanya cuma ada di dapur saya tuh, aglio e olio pake cabe rawit. Harusnya kan pake cabe bubuk aja ya, tapi lagi gak punya. Males banget kan kalau pagi-pagi harus ke minimarket cuma untuk beli cabe bubuk yang ada levelnya itu lho hihihi.

Naah…biar dapet spicy-nya, selain pakai lada hitam, dipakai lah cabe rawit ini, gak apa-apa donk ya *maksaaa*. Lagi gak punya juga parsley atau daun basil untuk ijo-ijonya, adanya kacang polong beku, ya udah dipake aja. Tetep maksa kaaan. Jadi ini memang ceritanya spaghetti aglio e olio yang menyesuaikan isi kulkas dan dapur.

Bahan:

200 gr spaghetti, rebus hingga matang dan beri sedikit olive oil biar tidak lengket

1 kaleng (185 gr) chunck tuna

2 sdm olive oil

2 siung bawang putih, memarkan

2 sdm kacang polong beku

1 sdt garam

1/2 sdt lada hitam bubuk

1 sdt cabe bubuk (pake cabe rawit)

1/2 sdt oregano

Cara Membuat:

Panaskan olive oil, tumis bawang putih hingga harum.

Masukkan chunk tuna, masak sebentar. Angkat sebagian tuna untuk topping dan aduk-aduk sisanya hingga hancur.

Masukkan kacang polong beku. Aduk rata.

Masukkan spaghetti, bumbui cabe bubuk / rawit, garam dan lada hitam. Test rasa hingga sesuai selera.

Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk hingga rata.

Angkat, taburi topping tuna dan sajikan hangat spaghetti tuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *