Inilah 4 Bagian Otak Manusia dan Fungsinya Masing-masing

Sejatinya, otak merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia, dimana ia adalah pusat dari sistem saraf. Menurut para peneliti mengatakan bahwa volume otak itu sekitar 1.350 cc, serta memiliki ratusan juta sel saraf atau yang biasa disebut dengan neuron. Dengan demikian, otak dapat mengendalikan pergerakkan tubuh manusia. Apabila otaknya dalam keadaan sehat, maka ia akan memerintahkan tubuhnya untuk melakukan hal-hal positif. Namun jika sebaliknya, maka otak akan memerintahkan tubuhnya untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Terlepas dari pembahasan diatas, otak manusia itu terbentuk karena ada 2 sel yang bernama sel neuron dan sel glia. Dari kedua sel tersebut, tentu memiliki tugasnya masing-masing. Neuron berfungsi untuk memberikan segala informasi kedalam otak. Sedangkan glia, berfungsi untuk mendukung segala aktifitas sel neuron. Berbicara soal otak, berikut dibawah ini ada 4 bagian otak dan fungsinya masing-masing :

  1. Korteks Serebral

Bagian yang pertama adalah korteks serebral, dimana ia terletak pada bagian otak besar. Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa korteks serebral ini adalah otak besar. Ada perbedaan antara otak besar dengan korteks serebral, dimana korteks serebral memiliki warna lebih gelap dibandingakan dengan warna otak besar. Mengenai fungsinya, korteks serebral dapat mengatur kegiatan motorik, sensorik, dan asosiatif.

  1. Otak Besar (Celebrum)

Sesuai dengan namanya, otak besar merupakan bagian paling besar dari keseluruhan ukuran otak. Saking besarnya, otak besar ini dibagi menjadi empat lobus dan memiliki dua sel berbeda. Fungsi otak besar itu sendiri sebagai pengatur indera dan otot.

  1. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil alias cerebellum merupakan otak yang terletak pada bagian bawah lobus otak besar. Ia juga memiliki tekstur yang sama dengan otak besar, hanya saja berbeda pada ukurannya yang lebih kecil. Fungsi otak kecil sebagi pengatur keseimbangan serta mengontrol gerak motorik, dan memberikan respon kesemua otot-otot.

  1. Diensefalon

Diensefalon merupakan bagian paling dalam otak dimana ia terdiri dari 4 unsur yakni pretalamus, talamus, zona limitians intrathalamica, dan pretektum. Dari segi fungsinya, diensefalon sebagai penghubung komunikasi belahan otak besar yakni belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Dengan demikian, dinsefalon akan mensingkronkan sinyal dari kedua belahan otak tersebut.

Itulah 4 bagian-bagian otak beserta fungsinya. Dengan demikian, semoga ulasan diatas tadi bisa menjadi sedikit informasi bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *