Agar Tidak Boros, Manfaatkan 5 Hal Ini Saat Belanja Online

Cicilan tanpa kartu kredit Lazada, merupakan salah satu strategi marketing dari merchant online Lazada yang cukup menggiurkan. Selain bisa meringankan sekaligus membantu konsumen yang tidak punya kartu kredit, program seperti cicilan tanpa kartu kredit Lazada ini secara tidak langsung juga meminimalisir keborosan saat belanja online.

Sebab, biasanya, saat ingat kalau masih punya cicilan yang harus dibayar, orang cenderung akan menunda belanja barang lainnya yang nggak terlalu penting. Apalagi ambil cicilan kedua, tentu harus berpikir dua kali.

Boros atau tidak boros sebenarnya cukup subjektif dan kembali lagi pada kemampuan seseorang dalam mengukur kapasitas dan mengendalikan diri. Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa program promosi yang justru menekan orang agar beli lebih banyak dan akhirnya jadi boros seperti buy 1 get 1, cashback, beli nominal sekian dapat voucher sekian, dan lainnya. Maka, sebagai konsumen, kita perlu cerdas dalam memilah promo agar kantong tidak jebol.

Selain cicilan tanpa kartu kredit, 5 hal berikut ini juga bisa dimanfaatkan bagi kamu yang punya resolusi berhemat atau pun ingin mengontrol diri agar tidak boros saat belanja online.

  1. Promo gratis ongkir dari merchant

Ongkos kirim merupakan salah satu biaya yang cukup membebani saat belanja online. Apalagi kalau tujuan kirimnya lumayan jauh dan barangnya cukup berat, maka otomatis, ongkos kirimnya akan lebih mahal. Kalau belanja onlinenya terlalu sering, otomatis juga ongkir yang dikeluarkan jadi lebih banyak dan bikin boros.

Maka, sebelum belanja online, sebaiknya kamu mencari merchant-merchant online mana saja yang menyediakan promo gratis ongkir ke semua wilayah. Saat ini beberapa merchant online yang terpantau punya program gratis ongkir adalah Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

  1. Pilih cicilan tanpa kartu kredit dengan bunga rendah

Banyak merchant online yang bekerja sama dengan perusahaan multifinansial agar bisa menjalankan program cicilan tanpa kartu kredit, termasuk Lazada. Salah satu perusahaan multifinansial tersebut adalah Kredivo. Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa mengakses situs resmi Kredivo di sini.

Salah satu program cicilan tanpa kartu kredit Lazada dan merchant-merchant lainnya menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran. Dibandingkan perusahaan multifinansial lain, Kredivo menawarkan bunga cicilan yang paling rendah, hanya 2,95% saja per bulannya, dengan pilihan tenor cicilan yang variatif mulai 3, 6, hingga 12 bulan. Ada juga yang bunganya 0%, yaitu opsi “Bayar dalam 30 hari” sejak tanggal pembelian.

Kelebihan lain dari Kredivo, kamu bisa mengatur sendiri barang belanjaan dan total kredit yang kamu punya di aplikasi Kredivo layaknya jurnal pribadi. Selama plafon kredit yang didapat masih mencukupi, kamu bisa kredit barang apa pun dengan mudah dan pastinya aman. Setiap kali berbelanja atau melakukan transaksi di merchant, kamu akan diminta memasukkan password akun Kredivomu beserta nomor OTP (one time password) yang dikirimkan langsung melalui sms ke nomor hp kamu yang terdaftar.

Selain memberikan kemudahan dalam belanja online, cicilan tanpa kartu kredit dengan Kredivo juga bisa bantu kamu lebih berhemat. Sebab, kamu ga perlu menghabiskan tabungan dalam satu waktu ketika ingin membeli sesuatu, apalagi jika barang yang mau dibeli memiliki nominal besar. Dengan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo, dana yang kamu punya bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak, dan cicilan yang harus kamu bayar setelahnya pun sangat ringan.

  1. Kolom rating dan review pelanggan

Kolom rating dan review pelanggan merupakan salah satu fitur penting yang bisa memengaruhi konsumen dalam membuat keputusan berbelanja. Dari fitur ini juga pelanggan bisa memiliki penilaian tersendiri layak atau tidaknya sebuah barang untuk dibeli.

Bagi kamu yang merasa terlalu impulsif saat belanja online, dan cenderung membeli lebih dari jumlah yang dibutuhkan dengan alibi “jaga-jaga kalau butuh lagi”, kamu perlu menghabiskan waktu lebih lama di kolom rating dan ulasan pelanggan. Sebab, biasanya, ada ulasan bagus dan ada juga yang buruk. Kamu bisa pertimbangkan lagi untuk beli sebuah barang jika ulasan buruk sama banyaknya dengan ulasan baik.

Kolom rating dan ulasan juga bisa bantu kamu mengetahui gambaran umum barang yang akan dibeli. Jangan sampai seperti “beli kucing dari karung”, gambar yang didisplay bagus, namun yang sampai tidak sesuai. Kalau sudah begitu, barang jadi tidak terpakai dan bikin kamu jadi buang-buang uang.

  1. Gunakan aplikasi atau situs pembanding harga barang

Agar mendapatkan harga terbaik saat belanja online, kamu perlu membandingkan harga barang di merchant online satu dan di beberapa merchant online lainnya, Jangan sampai ketika sudah beli, kamu malah menemukan merchant online lain yang menawarkan barang sejenis dengan harga lebih murah. Selain bisa bantu kamu lebih hemat, membandingkan harga juga bisa buat kamu terhindar dari risiko penipuan.

Untuk membandingkan harga dengan mudah, kamu bisa berkunjung ke beberapa situs pembanding harga seperti Pricebook, Priceza, atau PriceArea. Kamu hanya perlu mengakses situs-situs tersebut dan mengetik nama barang yang ingin dibeli misalnya “Samsung Galaxy S9”, secara otomatis, situs akan menampilkan harga Samsung Galaxy S9 dari beberapa toko online. Setelahnya, kamu tinggal mengeklik salah satu pilihan tersebut untuk masuk secara otomatis ke laman Samsung Galaxy S9 di merchant online.

Selain situs pembanding harga, kamu yang menggunakan Kredivo untuk cicilan tanpa kartu kredit juga bisa membandingkan harga secara langsung di merchant-merchant online. Bahkan dengan Kredivo, kamu tidak perlu lagi susah-susah mengecek atau cari merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo. Kamu hanya tinggal pilih dan klik menu “Merchants” di aplikasi Kredivo, kemudian akan muncul daftar merchant yang telah bekerja sama dengan Kredivo. Kamu tinggal mengeklik satu per satu Merchant, lalu cari barang yang diinginkan. Secara otomatis, kamu akan masuk ke halaman mobile web dari merchant online yang diklik, misalnya Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Ini juga akan bantu kamu lebih hemat ruang pada smartphone. Sebab, nggak perlu download semua aplikasi merchant, cukup andalkan aplikasi Kredivo saja.

  1. Promo besar seasonal

Beberapa promo musiman yang seperti Harbolnas, Flash Sale, promo hari raya, dan promo gajian, merupakan jenis promo yang cukup menguntungkan bagi konsumen. Sebab, promo musiman biasanya memiliki total diskon yang lebih besar, serta syarat dan ketentuan yang minim. Beda dengan promo regular yang dijalankan merchant setiap harinya.

Salah satu cara untuk memanfaatkan promo seasonal, kamu bisa mencatat barang apa saja yang dibutuhkan, lalu tunggu sampai promonya dimulai untuk belanja, misalnya Harbolnas. Harbolnas merupakan salah satu event promo terbesar belanja online yang rutin dilaksanakan setiap bulan Desember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *