7 Cara Tepat Memilih Sekolah Untuk Anak

Dummy

Pendidikan merupakan hal yang urgen diberikan untuk anak. Sebagai orang tua yang baik sebaiknya sejak dini kita harus mempersiapkan pendidikan yang tepat baik dalam lingkungan keluarga ataupun dalam jenjang formal. Manfaat dari pendidikan sendiri adalah untuk pembentukan karakter sang anak itu sendiri. Ditambah lagi melalui pendidikan formal anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan temat sebaya, mendapat ilmu dan pengetahuan, belajar menjadi pribadi yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab dan lain-lain.

Nah buat kalian nih para orang tua yang masih bingung memilih pendidikan formal atau sekolah yang tepat untuk anak kita, berikut kita akan bahas 7 cara tepat memilih sekolah untuk anak. Simak baik-baik ya

  1. Pilih sekolah yang terintegrasi atau terpadu

Sekolah terpadu adalah sekolah yang menempatkan SD, SMP, dan SMA dalam satu atap. Sekolah ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi buah hati, karena dengan menyekolahkan anak di sekolah terpadu akan membuat anak mempunyai banyak kenalan atau teman baik dari lingkungan SD, SMP, dan SMA. Selain itu kurikulumnya juga akan lebih terstruktur karena mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA dikelola oleh lembaga yang sama.

  1. Memilih sekolah yang menerapkan full day school

Dengan menyekolahkan anak dengan system full day school akan meminimalisir pengaruh negative dari lingkungan masyarakat karena usia anak-anak dan remaja adalah usia dimana anak mudah terpengaruh oleh kedaan sekitarnya. Hal ini dikarenakan jam sekolah dimulai dari pukul 07.30 sampai 16.00. dengan begitu kita dapat memaksimalkan pertumbuhan karakter pada anak di lingkungan sekolah

  1. Memilih sekolah yang transparan dan akuntabel

Sekolah yang mempunyai system transparan dan akuntabel akan memudahkan kita mengontrol menejemennya seperti ketika ada pungutan atau pembayaranyang dibebankan kepada siswa akan dijelaskan secara rinci oleh pihak sekolah. So pilihlah sekolah dengan system ini karena akan meminimalisir adanya pungutan liar yang meresahkan orang tua siswa.

  1. Sekolah yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai

Tidak dapat dipungkiri bahwa sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu unsure terpenting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Beberapa sarana dan prasarana yang harus kita perhatikan seperti tempat ibadah, fasilitas olahraga, perpustakaan, tempat bermain dan kelengkapan sumber dan media pembelajaran lain.

  1. Memiliki tenaga pendidik yang professional

Sekolah yang baik ditandai dengan tenaga pendidik yang professional. Professional sendiri maksudnya adalah guru yang mengajar di sekolah tersebut mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya. So, jangan sampai salah pilih ya.

  1. Memilih sekolah yang sesuai bakat dan minat anak

Terakhir yang musti kita perhatikan adalah perhatikan terlebih dahulu bakat dan minat sang anak. Misalkan anak mempunyai bakat di bidang olahraga maka kita bisa menyekolahkannya di sekolah keolahragaan.

  1. Sekolah Berbasis alam dan Teknologi juga perlu

Nah buat bunda yang ingin menyekolahkan anak ke sekolah berbasis alam atau teknologi juga boleh. Yang penting bunda siapkan saja siapkan saja produk personal care nya saja. Misalnya bunda bisa pilih perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS yang memiliki busa yang lembut dan tidak pedih di mata.

Itulah 7 cara tepat memilih sekolah untu anak. Sebelum menetukan sekolah mana yang hendak dituju jangan lupa mengkomunikasikan terlebih dahulu pada sang anak ya. semoga bermanfaat dan see you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *