Fakta Menarik Tentang Pernyataan Kemenkes Dan BPOM Tentang Susu Kental Manis

Menjernihkan Polemik Susu Kental Manis

Telah dikeluarkannya sebuah pernyataan mengejutkan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tentang susu kental manis atau SKM. Dan bahkan telah diinstruksikannya oleh BPOM atau Badan Pengawas Obat Dan Makanan jika produk susu ini tidak dikategorikan sebagai produk susu yang bernutrisi sebagai penambah asupan gizi. Lalu apakah produk susu ini termasuk susu atau bukan? Berikut beberapa fakta menarik tentang pernyataan Kemenkes dan BPOM tentang susu kaleng diantaranya yaitu :

  1. Produk Susu Ini Bukan Diperuntukkan Bagi Balita

Ir Doddy Izwardi MA selaku Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes mengatakan jika produk susu ini tidak diperuntukkan bagi balita. Tetapi didalam perkembangannya banyaknya orang yang beranggapan jika susu ini akan membantu didalam pertumbuhan.

  1. Kandungan Gula Lebih Tinggi Daripada Protein

Doddy juga mengatakan jika produk susu ini kandungan gulanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan proteinnya. Tetapi dilayar kaca produk susu ini diiklankan dengan menampilkan seolah olah jika dapat dijadikan sebagai minuman sehat untuk keluarga.

  1. Produk Susu Untuk Campuran Makanan

Produk susu ini menurut Doddy dapat digunakan didalam campuran dessert atau topping makanan yang lainnya. Hak untuk melakukan pengembangan produk memang dimiliki industri, tetapi harus tetap memperhatikan komposisinya.

  1. Dilarangnya Penggunaan Kata “Susu” Oleh BPOM

Kemudian BPOM mengeluarkan sebuah larangan didalam penggunaan visualisasi jika produk susu dan analognya itu diseratakan dengan produk susu lainnya yang dikategorikan sebagai penambah atau pelengkap zat gizi.

  1. Larangan Penampilan Anak Anak Didalam Iklannya

Adanya juga larangan dari BPOM yang mengatakan ilustrasi anak anak yang berusia dibawah 5 tahun tidak boleh ditampilkan didalam iklan. Dilarangnya penggunaannya visualisasi gambar susu cair atau susu didalam gelas dan disajikan dengan cara diseduh lalu dikonsumsi sebagai minuman.

  1. Tidak Dilarangnya Produk Kental Manis

Telah dilakukan juga sosialisasi tentang penggunaan produk susu ini oleh BPOM. Telah ditegaskan jika produk susu ini tidak dilarang tetapi untuk mengkonsumsinya itu harus dibedakan dengan susu yang biasanya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang pernyataan Kemenkes dan BPOM tentang susu kental manis. Produk susu ini memang penting untuk disosialisasikan karena banyaknya persepsi ditengah masyarakat yang keliru didalam mengkonsumsi produk susu ini. Produk susu ini tidak dilarang tetapi didalam mengkonsumsinya harus bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *